Rabu, 17 April 2013

Jenjang Koto Gadang Ngarai Sianok Bukittingi

Bukittinggi - Tak perlu jauh-jauh ke China untuk melihat Great Wall. Di Bukittinggi, ada Janjang Koto Gadang yang mirip dengan tembok China tersebut. Ini adalah kawasan wisata baru. Pemandangan Ngarai Sianok dari sana pun terlihat jelas.

Kawasan Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat punya kawasan wisata baru. Namanya mirip-mirip dengan tembok China. Tapi yang di Koto Gadang mungkin lebih cantik, pemandangan Ngarai Sianok dan pepohonan hijau terbentang.


'Great Wall' yang juga dipanggil Janjang ini, menghubungkan Bukittinggi dan Agam. Bila dari Bukittinggi, lokasinya tak jauh dari Lobang Jepang.

Memasuki kawasan ini, pengunjung akan melalui jalan menurun. Kemudian bertemu dengan panorama Ngarai Sianok, persawahan dengan tebing-tebing nan indah. Total, jarak yang ditempuh untuk menuntaskan Great Wall ini sekitar 1 Km. Tapi medan yang dilalui cukup menantang, cocok untuk tracking.

Selain itu, di sana ada juga jembatan gantung dan anak tangga yang tinggi. Beberapa titik pun disiapkan pos-pos, untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sungai, sawah, dan tebing. Memang, perlu stamina kuat untuk menjelajahi tempat ini.

Acara peresmian obyek wisata ini pun dilakukan dengan acara jalan santai. Ribuan warga ikut dalam acara ini. Ada doorprize 5 paket umrah, motor, dan HP. Dalam acara ini hadir Ketua DPD Irman Gusman, anggota DPR Refrizal, dan kepala daerah di wilayah ini.

"Ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi di kawasan ini. Semoga masyarakat juga bisa memanfaatkan obyek wisata ini," tutur Tifatul Sembiring yang juga putra Bukittinggi ini.
( kutipan Indra Subagja - detikTravel )

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar